Selama proyek pembangunan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung, Beijing Oriental Yuhong Waterproof Technology Co., LTD., sebagai pemasok penting bahan tahan air dan geoteknik, menyediakan bahan-bahan seperti lapisan waterproof poliuretan, membran waterproof bitumen self-adhesive, papan waterproof geotekstil, water stop, dan sealing rod untuk proyek tersebut. Siklus pasokan yang stabil memastikan kelancaran kemajuan proyek dan pengendalian kualitas material yang ketat. Ini melindungi kualitas waterproof proyek.
APU-602 adalah salah satu produk yang digunakan pada proyek tersebut. Mari kita bahas produk ini.
Sistem Waterproofing Poliuretan Modifikasi Scumbling APU-602
SPESIFIKASI SISTEM
Sistem Waterproofing APU-602 merupakan lapisan tipis modifikasi dari poliurethan terdiri dari cat pelapis dan cat waterproof, yang dibagi menjadi cat primer (PPU-M1) dan cat permukaan (PPU-M2). Lapisan yang halus, kontinu, kuat, elastis tinggi, tahan cuaca, dan kedap air dapat dibentuk pada dasar beton dengan teknik pengecatan menggunakan kuas, penyemprotan, atau penggulungan di lokasi.
- Substrat beton
- Lapisan pelapis
- Primer
(ketebalan film kering ≥400μm) - Permukaan pelapis
(ketebalan film kering ≥200μm)
INDEKS KINERJA
Kinerja sistem memenuhi persyaratan teknis dari Q/CR 568-2017 “Syarat Teknis untuk Lapisan Waterproof Poliuretan Berlapis Tipis pada Jembatan Beton untuk Jalur Kereta Api Berkecepatan Tinggi.”
KETENTUAN TEKNIS
No. | Deskripsi | Indeks Tampilan |
1 | Tampilan | Pelapisan seragam, tidak ada perbedaan warna, tidak mengalir, tidak ada bercak, tidak menggelembung, tidak retak, tidak terkelupas |
2 | Kekuatan rekat,MPa | ≥3.0 |
3 | Denaturasi termal (5 putaran) | Lapisan waterproof tanpa kerusakan |
4 | Ketahanan terhadap alkali (saturasi Ca(OH)2,10d) | Tidak melepuh, tidak retak, tidak terkelupas |
5 | Test ketahanan semburan garam (1000h) | Tidak melepuh, tidak retak, tidak terkelupas |
6 | Daya tahan terhadap penuaan akibat sinar UV(1000h) | Tidak ada perubahan warna |
7 | Daya tahan terhadap penuaan akibat sinar UV(3000h) | Tidak retak, tidak terkelupas |
8 | Water tightness (ketebalan lapisan waterproof 600µm~700µm,0.3MPa,24h) | Kedap |
KARAKTERISTIK SISTEM
- Kinerja perlindungan Waterproof baik; melindungi struktur beton sepenuhnya dari erosi hujan.
- Tahan terhadap perubahan suhu panas dan dingin, tidak mudah rusak.
- Tahan cuaca dengan sangat baik, tidak mengalami perubahan warna, retak, atau mengelupas, dapat terpapar dalam waktu lama.
- Daya rekat yang kuat ke dasar, tidak mudah terlepas.
- Tahan terhadap korosi media kimia seperti alkali dan garam, tanpa gelembung, retak, atau mengelupas.
- Kecepatan pengeringan cepat, efisiensi konstruksi tinggi.
DESKRIPSI PRODUK
APU-602 adalah cat waterproof polyurethane modifikasi scumbling yang terdiri dari dua komponen berbasis pelarut, yang dipersiapkan dengan teknologi canggih dari resin akrilik, campuran isosianat, pigmen, dan aditif. Produk ini terbagi menjadi cat primer (PPU-M1) dan cat permukaan (PPU-M2). Cat dasar berada di antara cat primer dan cat permukaan, tidak terpapar atmosfer, dengan kekuatan tinggi dan elastisitas tinggi, serta kinerja tahan air yang sangat baik. Cat permukaan berada di lapisan terluar, langsung terpapar atmosfer, tahan terhadap sinar UV, memiliki kilau yang tahan lama, stabilitas warna, tanpa bubuk, dan tanpa menguning.
INDIKATOR KINERJA
Kinerja sistem memenuhi persyaratan teknis Q/CR 568-2017 “Ketentuan Teknis untuk Lapisan Waterproof Polyurethane Berlapis Tipis untuk Dek Jembatan Beton Kereta Api Berkecepatan Tinggi”
KETENTUAN TEKNIS
NO. | Item | Index | ||
PPU-M1 | PPU-M2 | |||
1 | Kandungan materi yang tidak mudah menguap,% | ≥65 | ||
2 | Kehalusan, μm | ≤50 | ≤30 | |
3 | Waktu kerja, min | ≥50 | ≥60 | |
4 | Waktu kering | Permukaan kering, h | ≤3 | |
Keras kering, h | ≤24 | |||
5 | Daya lekat,MPa | ≥3.0 | ≥3.0 | |
6 | kekuatan tarik,MPa | ≥10 | ≥7 | |
7 | Perpanjangan saat putus, % | ≥200 | ≥80 | |
8 | Kelenturan saat suhu rendah (-30℃), mm | ≤2 |
FITUR PRODUK
- Kekuatan tinggi, elastisitas tinggi, kinerja tahan air yang sangat baik;
- Fleksibilitas dalam suhu rendah, dapat digunakan di lingkungan dengan suhu rendah;
- Daya tahan terhadap UV yang baik pada permukaan cat, tidak berubah warna, tidak retak, tidak terkelupas
- Daya kering yang cepat, efisiensi konstruksi tinggi.
RUANG LINGKUP APLIKASI
Cocok untuk kereta api berkecepatan tinggi, jalur khusus penumpang, kereta api antar kota, kereta ringan perkotaan dan permukaan jembatan beton lainna yang tahan air, juga cocok untuk atap, bangunan pabrik industry, lapisan insulasi uap ruangan penyimpanan dingin, waduk, terowongan, kolam renang dan proyek konstruksi lainnya, infrastruktur waterproof
POIN KUNCI KONSTRUKSI
- Perawatan dasar: Penting untuk menghapus secara menyeluruh lumpur yang mengapung, lapisan yang hancur, bagian yang mengelupas, dan bagian yang longgar dari permukaan dasar, serta memastikan bahwa permukaan dasar dalam keadaan kering. Jika setelah pembersihan terdapat retakan, rongga, bekas paku, atau cacat lainnya, gunakan epoxy putty atau lapisan leveling untuk memperbaiki. Setelah permukaan dasar bersih dan kering, cat penutup dapat diterapkan. Selama konstruksi, cat penutup harus sepenuhnya membasahi permukaan dasar.
- Bahan-bahan: Siapkan sesuai dengan proporsi komponen A dan B yang ditunjukkan pada sertifikat penutup wadah kemasan, dan waktu pencampuran tidak boleh kurang dari 30 detik (umumnya 5 menit adalah waktu yang tepat). Pastikan tidak ada banyak gelembung udara yang terbawa, dan tunggu hingga gelembung menghilang sebelum melakukan konstruksi.
- Konstruksi: Cat dasar dapat diaplikasikan setelah cat penutup kering atau setelah interval 24 jam. Sebelum konstruksi, pastikan tidak ada benda asing di permukaan yang akan dicat. Setelah cat dasar kering atau setelah 24 jam, periksa ketebalan lapisan waterproof dan apakah ada gelembung. Jika ketebalan kurang dari 400μm, jumlah cat permukaan harus ditingkatkan untuk memastikan total ketebalan pelapis pelindung; jika ada gelembung, gelembung tersebut harus dihilangkan dan dilapisi kembali sebelum mengaplikasikan cat permukaan. Metode aplikasi dapat menggunakan kuas, semprot, atau rol.
REFERENSI DOSIS
Dosis referensi untuk film primer 400μm adalah 0,8kg/m² hingga 0,9kg/m².
Dosis referensi untuk film cat permukaan 200μm adalah 0,4kg/m² hingga 0,45kg/m2.
YANG PERLU DIPERHATIKAN SELAMA KONSTRUKSI
- Selama konstruksi, permukaan dasar harus kering, dan suhu permukaan dasar harus 3℃ lebih tinggi dari titik pengembunan.
- Suhu lingkungan selama konstruksi: 5℃ ~ 35℃.
- Kelembaban relatif lingkungan selama konstruksi tidak lebih dari 85%; Kecepatan angin ≤
- Jika terjadi hujan selama konstruksi, pekerjaan harus segera dihentikan, dan bagian yang sedang dibangun harus ditutupi dengan langkah perlindungan tahan air; Untuk melanjutkan pembangunan harus dilakukan pemeriksaan, apakah ada gelembung, kerutan dan pengelupasan, yang harus dibersihkan setelah pembangunan.
- Bahan yang telah disiapkan harus digunakan sesegera mungkin untuk menghindari pemborosan akibat gelatinisasi.
- Komponen A and B harus diaduk secara menyeluruh sebelum digunakan, dan komponen A dan B yang belum terpakai harus ditutup rapat setelah membuka wadah.
- Harus ada sistem ventilasi yang baik di lokasi konstruksi, dan kekuatan ventilasi harus diterapkan di tempat sempit atau di mana aliran udara tidak lancar.
- Personel konstruksi harus mengenakan pakaian kerja, masker, kacamata pelindung, dan produk perlindungan tenaga kerja lainnya dengan benar
- Kembang api dilarang keras di lokasi konstruksi, dan fasilitas pemadam kebakaran harus disediakan
PENGEMASAN, TRANSPORTASI DAN PENYIMPANAN
Produk disegel dalam drum besi.
Barang yang mudah terbakar, transportasi, harus dicegah dari hujan, paparan sinar matahari, hindari tabrakan. Simpan di tempat yang berventilasi, sejuk dan kering jauh dari sumber api, hindari benturan.
Produk harus disimpan di tempat yang berventilasi, kering dan sejuk, mencegah sinar matahari langsung, mengisolasi sumber api, jauh dari sumber panas, suhu penyimpanan 10℃ ~ 40℃, suhu penyimpanan terbaik adalah 10℃ ~ 25℃.
Masa penyimpanan produk yang belum dibuka adalah satu tahun sejak tanggal produksi. Setelah masa penyimpanan berakhir, produk masih dapat digunakan setelah melewati pemeriksaan.